Fernando Alonso  Memilih Setia dengan McLarenIndonesia Raih 2 Penghargaan di Kompetisi Video Pariwisata Dunia UNWTOMenteri Pertanian Klaim Tahun Ini Indonesia Bebas PaceklikBelanja Pemerintah yang Besar Jadi Pendorong Ekonomi Indonesia di 2018

 

Presiden Jokowi Akan Luncurkan KITE IKM di Boyolali
Ekonomi

Presiden Jokowi Akan Luncurkan KITE IKM di Boyolali

Satumediatv.com – Hari ini (30/01), Presiden Joko Widodo akan meluncurkan fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) untuk Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Desa Tumang Boyolali, Jawa Tengah. KITE merupakan bagian dari kebijakan pemerintah sesuai Paket Kebijakan Ekonomi Pemerintah Jilid I, untuk melakukan deregulasi peraturan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yang didalamnya termasuk Industri Kecil Menengah (IKM).

Pada tahap awal peluncuran KITE IKM, 22 IKM telah menerima fasilitas ini. Ke depannya, diharapkan akan semakin banyak IKM yang tertarik untuk mendapatkan fasilitas KITE. Sebelum peluncuran fasilitas KITE IKM, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan telah memberikan fasilitas berupa Pusat Logistik Berikat (PLB). Salah satu tujuannya adalah untuk mendukung ketersediaan bahan baku bagi IKM. PLB dapat memasukkan barang-barang impor yang diperlukan untuk kebutuhan produksi IKM dengan mendapatkan penangguhan pungutan bea masuk dan pajak dalam rangka impor. Selanjutnya, IKM dapat membeli barang dari PLB dengan mendapatkan pembebasan bea masuk dan pajak dalam rangka impor.

Tak hanya dapat menikmati fasilitas fiskal dan kemudahan prosedur, IKM yang nantinya mendapatkan KITE dapat juga memanfaatkan fasilitas pembiayaan modal usaha, maupun pembiayaan ekspor dengan suku bunga yang sangat ringan yang diberikan oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia. Dengan adanya fasilitas KITE IKM, diharapkan adanya penurunan biaya produksi sebesar 20% – 25%.

Sebagai informasi, Tumang dipilih karena proses bisnis yang ada mewakili tujuan dari fasilitas KITE IKM. Ada banyak perajin tembaga yang produknya diekspor sampai ke Eropa, namun bahan bakunya selama ini diperoleh melalui distributor. Dengan fasilitas KITE IKM, rantai pasok ini dapat dipotong, serta bea masuk dan PPN impornya dapat dibebaskan. Harga produk Tumang nantinya akan lebih kompetitif karena ongkos bahan baku bisa dihemat.

KEMENKEU

Foto : Humas/Rahmat (setkab) 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PT. SATU MEDIA SOLUSI
Email : satumediatv.id@gmail.com
Head Office : Jl. Kramat Baru no.4B, Kramat, Senen, Jakarta Pusat.
Branch Office : Jl.Haji Buang II No.72 Kav.33 Ulujami,
Pesanggrahan-Jakarta selatan
Email : satumediatv.id@gmail.com

Copyright SatumediaTV © 2017

To Top