Fernando Alonso  Memilih Setia dengan McLarenIndonesia Raih 2 Penghargaan di Kompetisi Video Pariwisata Dunia UNWTOMenteri Pertanian Klaim Tahun Ini Indonesia Bebas PaceklikBelanja Pemerintah yang Besar Jadi Pendorong Ekonomi Indonesia di 2018

 

Kenaikan Tarif PNPB Harus Diimbangi Dengan Pelayanan Yang Baik - Satumedia TV
NEWS

Kenaikan Tarif PNPB Harus Diimbangi Dengan Pelayanan Yang Baik

Satumediatv.com  – Terkait setelah sekitar 7tahun lamanya tidak mengalami perubahan, kini mulai 6 Januari esok, Pemerintah akan berlakukan pengesahan kenaikan tarif penerimaan negara bukan pajak (PNBP) di lingkungan Polri per 6 Januari 2017. Kenaikan PNBP ini mulai biaya pengujian surat izin mengemudi (SIM), surat tanda nomor kendaraan (STNK), hingga surat keterangan catatan kepolisian (SKCK). Kenaikan tarif dalam hal ini bukan sekadar dari Polri, melainkan ada beberapa pertimbangan dari lembaga negara lainnya.

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menerangkan, pertimbangan pertama, yakni pertimbangan atas temuan BPK soal harga material yang mengalami naik. Kedua, penemuan dari Badan Anggaran (Banggar) DPR yang mengatakan biaya mengurus STNK dan BPKB di Indonesia termasuk yang terendah di dunia. Hasil temuan mereka, dengan harga itu, itu termasuk terendah di dunia, sehingga perlu dinaikkan karena daya beli masyarakat juga meningkat. Diketahui, kenaikan tarif PNBP di lingkungan Polri saat ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) No 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak di Lingkungan Polri. PP nomor 60 tersebut merupakan PP baru pengganti PP sebelumnya yakni PP No 50 Tahun 2010.

Dalam surat PP tertera kenaikan tarif biaya untuk penerbitan STNK baru dan perpanjangan, pengesahan STNK, dan penerbitan surat tanda coba kendaraan (STCK), Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan kenaikan harga tersebut untuk memberikan sistem pelayanan yang lebih baik, yaitu sistem online. Warga disebut bisa lebih menghemat dengan sistem online ini.

Senada dengan Tito, Kakorlantas Polri Brigjen Royke Lumowa mengatakan kenaikan harga tersebut akan diimbangi peningkatan pelayanan. Peningkatan pelayanan juga untuk memperpendek ‘rantai’ loket dari lima menjadi satu. “Meningkatkan pelayanan di tahun 2017 ini harus lebih digiatkan lagi. Baik itu perilaku, pelayanan di ruangan, melalui IT, sarana-prasarana yang lain, SIM online,”.

Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono menilai tarif baru ini perlu disosialisasi terlebih dahulu. Soni, panggilan karib Sumarsono, mengatakan tarif tersebut belum pernah naik selama 7 tahun.

 

Sumber : NTMC Polri

Edit : tomy – satumedia 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PT. SATU MEDIA SOLUSI
Email : satumediatv.id@gmail.com
Head Office : Jl. Kramat Baru no.4B, Kramat, Senen, Jakarta Pusat.
Branch Office : Jl.Haji Buang II No.72 Kav.33 Ulujami,
Pesanggrahan-Jakarta selatan
Email : satumediatv.id@gmail.com

Copyright SatumediaTV © 2017

To Top