Fernando Alonso  Memilih Setia dengan McLarenIndonesia Raih 2 Penghargaan di Kompetisi Video Pariwisata Dunia UNWTOMenteri Pertanian Klaim Tahun Ini Indonesia Bebas PaceklikBelanja Pemerintah yang Besar Jadi Pendorong Ekonomi Indonesia di 2018

 

Kemenpar Kenalkan Wisata Syariah Lewat Pameran - Satumedia TV
Pariwisata

Kemenpar Kenalkan Wisata Syariah Lewat Pameran

JAKARTA, Satumediatv.com: Industri pariwisata syariah Indonesia memiliki potensi sangat besar untuk terus dikembangkan. Saat ini trend wisata syariah semakin tinggi dan semakin membuat wisata syariah menjadi ladang bisnis yang menguntungkan untuk digarap.

Konsep pariwisata syariah adalah kegiatan rekreasi yang disertai dengan nilai-nilai Islam. Pengembangan pariwisata syariah di Indonesia memperoleh dukungan luas baik pemerintah maupun dunis usaha. Salah satunya, yakni tersedianya berbagai produk halal yang dapat menunjang pertumbuhan wisata syariah, seperti dalam bidang perbankan.

“Wisata syariah adalah satu produk wisata yang sangat prospektif ke depan. Apalagi, kita baru saja memenangi beberapa Halal Award. Ini momentum untuk mengenalkan wisata syariah,” ujar Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah Kemenpar, Tazbir saat ditemui pada jumpa pers Pameran Wisata Syariah di Jakarta, Selasa (8/9/15).

Indonesia memperoleh penghargaan World’s Best Halal Tourism Destination dan World’s Best Halal Honeymoon Destination untuk Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat dan World’s Best Family Friendly Hotel untuk Hotel Sofyan oleh Halal Travel Award 2015 yang bermarkas di Uni Emirat Arab.

Sejalan dengan wisata syariah, produk halal ternyata tidak hanya dikonsumsi oleh turis muslim saja, namun juga oleh turis non-muslim.

Untuk lebih memperkenalkan kekayaan wisata syariah, Kementerian Pariwisata RI (Kemenpar) bekerjasama dengan PT Mega Asia Perkasa menggelar promosi paket wisata syariah dalam negeri yang berlangsung selama dua hari Selasa-Rabu (8-9/12/15) di Mal Kota Kasablanka.

Pameran ini diikuti 10 provinsi yang menempati 10 booth, diantaranya DKI Jakarta, Sumatera Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, Banten, Aceh, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, DI Yogyakarta, dan Jawa Barat.

Menurutnya pameran ini merupakan yang pertama kali digelar di Indonesia. “Indonesia memiliki potensi yang besar akan wisata syariah. Misalnya saja dari segi tujuan wisata memiliki makam Wali Songo, mesjid kuno, dan peninggalan kerajaan Islam di beberapa daerah. Ditambah lagi, dengan kuliner di Indonesia yang kebanyakan halal,” jelasnya.

Lebih lanjut Tazbir mengatakan, “Esensi wisata syariah terletak pada usaha menyingkirkan segala hal yang dapat membahayakan bagi manusia dan mendekatkan manusia kepada hal yang akan membawa manfaat bagi dirinya maupun lingkungan”.

“Tak heran jika wisata syariah ini sudah banyak dilirik negara lain, untuk itu, jangan sampai Indonesia tertinggal dengan negara lain yang telah terlebih dahulu mengembangkan wisata syariah diantaranya Tiongkok, Korea, dan Thailand,” kata Tazbir.

Diharapkan, Pameran Paket Wisata Syariah ini dapat memberikan suguhan baru kepada traveler. Tentu, juga dapat meningkatkan pertumbuhan perjalanan wisatawan Nusantara (wisatawan dalam negeri). “Ke depannya, kita akan buat lagi pameran yang seperti ini. Ini yang pertama dan nanti kita bakal evaluasi terus,” tutup Tazbir. evi

PT. SATU MEDIA SOLUSI
Email : satumediatv.id@gmail.com
Head Office : Jl. Kramat Baru no.4B, Kramat, Senen, Jakarta Pusat.
Branch Office : Jl.Haji Buang II No.72 Kav.33 Ulujami,
Pesanggrahan-Jakarta selatan
Email : satumediatv.id@gmail.com

Copyright SatumediaTV © 2017

To Top