Fernando Alonso  Memilih Setia dengan McLarenIndonesia Raih 2 Penghargaan di Kompetisi Video Pariwisata Dunia UNWTOMenteri Pertanian Klaim Tahun Ini Indonesia Bebas PaceklikBelanja Pemerintah yang Besar Jadi Pendorong Ekonomi Indonesia di 2018

 

Kemenko PMK Mendorong Segera Relokasi Pengungsi Erupsi Gunung Sinabung - Satumedia TV
NEWS

Kemenko PMK Mendorong Segera Relokasi Pengungsi Erupsi Gunung Sinabung

Satumediatv.com – Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Penanggulangan Bencana Kemenko PMK, Masmun Yan Mangesa, pagi ini memimpin rapat koordinasi perkembangan penangganan penanganan Hunian Sementara (Huntara) dan Relokasi Mandiri pengungsi erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Hadir dalam rakor antara lain Staf Ahli Bidang Kependudukan, Sonny Harry Budiutomo; dan perwakilan dari: Kantor Staf Presiden, BNPB, Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan, Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kementerian ATR/BPN.

Sebagai bagian dari fungsi Koordinasi, Sinkronisasi, dan Pengendalian, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan terus mendorong K/L agar segera merealisasikan relokasi. Dalam pertemuan itu dihasilkan beberapa kesimpulan antara lain Mempercepat verifikasi dan penentuan bentuk tindakan untuk optimalisasi lahan yang telah tersedia di Siosar, K/L berkewajiban membantu menyelesaikan masalah pengungsi Sinabung yang menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, diluar yang menjadi tanggung jawab Pemkab Karo, dan Perlunya segera perbaikan posko pengungsi sebelum huntara selesai dibangun.

Yan meminta Perlunya dialog lanjutan antara pemerintah pusat dengan Pemkab Karo untuk mengawal percepatan penyelesaian relokasi mandiri dan huntara, termasuk segera mengidentifikasi penyediaan lahan baik untuk huntap maupun lahan usaha tani (melalui percepatan pemberian ijin pinjam pakai kawasan hutan dengan mekanisme tukar guling, dsb). “BNPB juga dimohon untuk memfasilitasi penyediaan anggaran bantuan untuk huntap, infrastruktur dasar (fasum dan fasos) bersama Kemen PUPR, dan ekonomi produktif bersama K/L terkait,” Kata Yan lagi.

Dari sisi keamananan, untuk mendukung percepatan penyelesaian pembangunan huntara diharapkan Pelibatan aparat keamanan/polisi dalam mengatasi gangguan premanisme. Di akhir rapat Deputi I meminta Perlunya pemahaman atau sosialisasi kepada warga pengungsi untuk bisa melihat contoh rumah hunian yang sudah jadi.  Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari demo yang sering dilakukan oleh warga pengungsi yang merasa tidak puas/hilangnya kepercayaan dengan Pemkab Karo.

 

KemenkoPMK

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PT. SATU MEDIA SOLUSI
Email : satumediatv.id@gmail.com
Head Office : Jl. Kramat Baru no.4B, Kramat, Senen, Jakarta Pusat.
Branch Office : Jl.Haji Buang II No.72 Kav.33 Ulujami,
Pesanggrahan-Jakarta selatan
Email : satumediatv.id@gmail.com

Copyright SatumediaTV © 2017

To Top