Fernando Alonso  Memilih Setia dengan McLarenIndonesia Raih 2 Penghargaan di Kompetisi Video Pariwisata Dunia UNWTOMenteri Pertanian Klaim Tahun Ini Indonesia Bebas PaceklikBelanja Pemerintah yang Besar Jadi Pendorong Ekonomi Indonesia di 2018

 

Buku Lembata Underwater 2015 Menguak Keindahan Surga Bawah Laut NTT - Satumedia TV
Pariwisata

Buku Lembata Underwater 2015 Menguak Keindahan Surga Bawah Laut NTT

JAKARTA, Satumediatv.com: Setelah sebelumnya meluncurkan buku Alor Underwater pada 2014 lalu, belum lama ini Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Timur meluncurkan buku Lembata Underwater di Balairung, Gedung Kemenpar, Jakarta, Kamis (3/12/15).

Buku ini berisi tentang keindahan alam bawah laut dan biota laut yang ditemukan di Lembata, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. Keindahan visual dalam buku ini disajikan oleh 12 orang kontributor foto yang telah banyak menyelami lautan di berbagai wilayah di Indonesia dan dunia.

Lewat buku-buku yang menampilkan kekayaan alam Indonesia bagian Timur ini, Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Timur ingin memperkenalkan kecantikan alam dan kekayaan budaya Nusa Tenggara Timur serta mengajak setiap penduduk Nusa Tenggara Timur dan wisatawan yang datang ke sana untuk bersama-sama menjaga kekayaan hayati tersebut.

“Pemerintah Daerah NTT fokus untuk mengembangkan pariwisata, sejalan dengan itu Lembata Underwater dan seri underwater lainnya dibuat untuk memperkenalkan potensi wisata sekaligus ajakan untuk mencintai kekayaan NTT termasuk laut dan isinya,” ujar Wakil Gubernur NTT, Drs Benny Alexander Litelnoni, SH, Msi mewakili Gubernur Nusa Tenggara Timur, Drs Frans Lebu Raya.

Ia mengatakan, “Buku ini diharapkan menjadi pustaka kekayaan hayati wilayah NTT agar generasi kita menjaga kekayaan ini sehingga dapat dinikmati oleh generasi mendatang”.

Menurutnya pesan penting ini patut untuk dilakukan karena di laut bukan hanya ada keindahan tetapi juga kekayaan dalam hal perikanan dan sumber energi yang penting untuk dijaga agar berkelanjutan atau sustainable resources yang berujung pada perekonomian masyarakat sekitar.

Sementara Asisten Deputi Pengembangan Bisnis dan Pemerintahan Kementrian Pariwisata Republik Indonesia, Tasbir Abdullah dalam sambutannya mengatakan, “Buku ini merupakan aset pustaka kekayaan hayati yang harus dijaga dan dilestarikan”.

“Saya mengapresiasi dan merasa bangga pada tim juru foto yang bekerja keras untuk mendokumentasikan biota laut dan lewat buku ini, diharapkan bisa jadi aset pustaka kekayaan hayati alam bawah laut Indonesia,” ujarnya.

Dengan adanya buku ini, menurut Tasbir pihak pemerintah memiliki alat untuk mempromosikan industri pariwisata Lembata ke seluruh dunia dalam kunjungan kerja mereka.

Lebih lanjut Tasbir menambahkan, “Buku ini diharapkan bisa menjadi contoh untuk provinsi lainnya mendokumentasikan kekayaan alam sehingga memicu pertumbuhan jumlah kedatangan wisman dan wisnus di seluruh Indonesia”.

“Sampai saat ini kami masih tetap berusaha untuk mengejar target kedatangan wisatawan di Indonesia hingga akhir tahun, yaitu 20 juta wisatawan,” tambah Tasbir.

Lembata 

Lembata adalah salah satu kabupaten di Nusa Tenggara Timur terletak di antara pulau Flores bagian Timur dan pulau Alor.  Letak geografis Lembata yang berbukit dan dikellilingi oleh laut yang merupakan lintasan paus, menjanjikan pemandangan yang memanjakan mata seperti yang dapat disaksikan di Bukit Doa maupun dari puncak gunung-gunung yang ada di sana seperti dari gunung Ile Ape Lewotolok. Pemotretan yang dilakukan untuk Lembata Underwater ini dilakukan sebagai bagian dari Festival Lembata 2015, yaitu pada 23 – 25 Agustus 2015.

Festival Lembata  merupakan festival tahunan yang diprakarsai oleh Pemerintah Kabupaten Lembata yang menampilkan wisata  di Lembata, baik wisata darat maupun wisata bawah air serta kekayaan budaya Lembata seperti tari, musik, tenun dan kuliner. (evi)

PT. SATU MEDIA SOLUSI
Email : satumediatv.id@gmail.com
Head Office : Jl. Kramat Baru no.4B, Kramat, Senen, Jakarta Pusat.
Branch Office : Jl.Haji Buang II No.72 Kav.33 Ulujami,
Pesanggrahan-Jakarta selatan
Email : satumediatv.id@gmail.com

Copyright SatumediaTV © 2017

To Top