Fernando Alonso  Memilih Setia dengan McLarenIndonesia Raih 2 Penghargaan di Kompetisi Video Pariwisata Dunia UNWTOMenteri Pertanian Klaim Tahun Ini Indonesia Bebas PaceklikBelanja Pemerintah yang Besar Jadi Pendorong Ekonomi Indonesia di 2018

 

18 Juta Penduduk Indonesia Belum Rekam E-KTP - Satumedia TV
NEWS

18 Juta Penduduk Indonesia Belum Rekam E-KTP

E-KTP-300x166Satumediatv.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyisakan sekitar 18 juta penduduk yang tercatat belum melakukan perekaman KTP Elektronik (KTP El). Namun Pemerintah tetap  berupaya mengejar target pendataan penduduk. Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri, Zudan Arif Fakhrulloh mengatakan, sekarang masih tersisa sekitar 18 jutaan penduduk yang belum merekam. Dari total tersebut, termasuk masyarakat di luar negeri dan data ganda.

“Namun nanti mendekati akhir September akan kami evaluasi lagi jumlah detailnya berapa,” kata Zudan di Kantor Kemendagri Jakarta, Kamis (22/9). Dia menjelaskan, dari 18 juta penduduk yang terhitung belum merekam, ada sekitar 7 juta penduduk di antaranya yang berada di luar negeri. Kemudian, untuk data ganda, Ditjen Dukcapil Kemendagri sempat melacak jumlahnya mencapai 1,5 juta KTP El. Terkait ketersediaan blanko, kata Zudan Pemerintah masih memiliki 3,1 juta keping blanko. Sebanyak 1,8 juta beredar di daerah, dan 1,3 juta dipegang Dukcapil Pusat. Setiap harinya, rata-rata 100-150 ribu keping blanko disalurkan ke daerah.

“Itu artinya hanya cukup sampai pertengahan Oktober nanti,” ujar dia. Zudan menambahkan, pihaknya masih menunggu hasil komunikasi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dengan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani soal pemotongan anggaran untuk pos pelayanan KTP El. “Kami tak bisa lagi restrukturisasi anggaran. Sebab pada kuartal pertama sudah kami ambil Rp 145 miliar, kemarin pada kuartal kedua Rp 344,5 miliar. Totalnya Rp 498 miliar. Sudah tidak bisa lagi kami ambil dari pos-pos anggaran yang lain,” ucap dia.

 

Sumber : kemendagri

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PT. SATU MEDIA SOLUSI
Email : satumediatv.id@gmail.com
Head Office : Jl. Kramat Baru no.4B, Kramat, Senen, Jakarta Pusat.
Branch Office : Jl.Haji Buang II No.72 Kav.33 Ulujami,
Pesanggrahan-Jakarta selatan
Email : satumediatv.id@gmail.com

Copyright SatumediaTV © 2017

To Top